Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Informasi Vaksin di Ciranjang, Lindungi Diri dan Masyarakat dari Covid-19

Sumber: Pexels

Saat ini masyarakat luas sangat antusias untuk mendapat vaksin. Akan tetapi stoknya tidak selalu ada, pasalnya di beberapa wilayah sempat kehabisan. Tidak sedikit warga yang mencari informasi vaksin di Ciranjang, baik untuk vaksin dosis 1, dosis 2, maupun boster.

Jika Anda belum vaksin, maka segera cari lokasi yang menyediakan vaksinasi terdekat. Vaksinasi akan melindungi diri, keluarga, dan orang lain. Bahkan akan mempermudah akses perjalanan ke suatu tempat dengan memperlihatkan sertifikat vaksin yang dimiliki.

Informasi Vaksin di Ciranjang, Berikut Jadwalnya

Vaksin merupakan sebuah produk biologi yang memiliki kandungan mikroorganisme antigen. Lantas, mikroorganisme tersebut diolah sedemikian rupa sehingga aman digunakan manusia. 

Diharapkan vaksin tersebut mampu membentuk kekebalan lebih spesifik pada tubuh terhadap penyakit tertentu, pada kasus ini adalah Covid-19. Orang yang mendapatkan vaksin harus memenuhi beberapa persyaratan. Jadi, tidak bisa sembarang orang bisa mengikuti agenda vaksinasi ini. 

Setelah vaksin diberikan, orang yang terpapar akan mengalami gejala yang lebih ringan. Tentu saja berbeda dengan orang yang terinfeksi dalam kondisi belum divaksin sama sekali. 

Giat vaksinasi terus dilakukan oleh UPTD Puskesmas Rawat Inap Ciranjang sebagai upaya dalam melindungi masyarakat. Kegiatan vaksinasi akan diselenggarakan pada tanggal 25-28 Januari 2022 di kantor Kecamatan Ciranjang. Informasi pelaksanaan vaksin di Ciranjang setiap harinya pada pukul 08.00 s/d 12.00 WIB. 

Adapun sasaran vaksinasi ini untuk masyarakat umum usia 6-12 tahun, ibu menyusui, dan disabilitas. Jenis vaksin diantaranya adalah Pfizer, Sinovac, dan Astrazeneca, baik untuk dosis 1, dosis 2, maupun boster.

Persyaratan Mengikuti Vaksinasi

Informasi vaksin di Ciranjang ini juga memberikan persyaratan agar dapat mengikuti vaksinasi. Pertama, peserta wajib memakai masker. 

Kemudian membawa fotocopy  KTP atau Kartu Keluarga dan jangan lupa untuk mencantumkan nomor telepon yang  aktif. Bagi peserta yang sudah mengikuti vaksin dosis 1, wajib membawa kartu vaksin untuk melakukan vaksin dosis 2.

Pada hari pelaksanaan vaksinasi, pastikan peserta tidak confirm Covid-19 atau kontak erat dengan kasus confirm Covid-19. Syarat mengikuti vaksin berikutnya adalah suhu tidak lebih dari 37 derajat Celcius. Selain itu, tidak dalam keadaan demam, batuk, pilek, mual muntah, nyeri tenggorokan atau nyeri dada, atau gejala mirip influenza lainnya. 

Selanjutnya pengukuran tekanan lebih dari 180/110 tidak dapat disuntikkan dosis vaksin. Pengidap hipertensi tidak menerima vaksin dengan alasan prinsip kehati-hatian.

Begitu pula untuk penderita HIV dengan angka CD4 <200 atau tidak diketahui juga tidak bisa mendapatkan dosis vaksin. Sementara itu, penundaan pemberian vaksin kepada penderita penyakit seperti asma dan TBC. Informasi pelaksanaan vaksin di Ciranjang ini diharapkan diketahui masyarakat luas.  

Manfaat Vaksinasi Covid -19 

Melihat angka kasus paparan yang masih tinggi, pemerintah memberikan target untuk melaksanakan vaksinasi kepada seluruh masyarakat Indonesia. Namun, pada kenyataannya masih banyak masyarakat yang belum berani vaksin. 

Informasi vaksin di Ciranjang akan sangat bermanfaat bagi Anda warga masyarakat Ciranjang dan sekitarnya yang ingin mendapatkan vaksin. Vaksinasi Covid-19 ini akan memberikan banyak manfaat, Anda wajib mengetahuinya. 

Pertama merangsang sistem kekebalan tubuh, karena vaksin terdiri dari bermacam-macam produk biologi. Bahkan menjadi bagian dari virus yang telah dilemahkan kemudian disuntikkan ke tubuh manusia. Hal tersebut akan merangsang sistem imun atau daya tahan tubuh manusia.

Lalu, bagi Anda yang sudah mendapatkan vaksin akan merangsang antibodi untuk belajar dan mengenali virus yang telah disuntikkan dalam tubuh tersebut. Dengan begitu, tubuh akan mengenal virus dan meminimalisir risiko terpapar. 

Jika tubuh semakin kebal dan sudah mengenali virus, maka virus akan mengalami pelemahan. Meskipun telah mengalahkan sistem imun seseorang, bahkan terpapar. 

Tujuan terpenting dari pemerintah mengadakan vaksinasi adalah mencapai Herd Immunity. Sehingga mampu meminimalisasi mutasi virus Covid-19 dan risiko paparan. Vaksin juga menjaga produktivitas serta meminimalkan dampak sosial dan ekonomi masyarakat. Diharapkan masyarakat mempunyai kesadaran bersama terkait pentingnya mengikuti vaksinasi di tengah pandemi yang melanda sekarang ini, ketahui informasi terbaru vaksin di Ciranjang. Karena vaksinasi pada dasarnya akan melindungi diri sendiri, membentuk kekebalan kelompok, dan melindungi lintas kelompok dengan upaya membatasi penularan pada kelompok lain. Ayo warga masyarakat Desa Kertajaya, Kecamatan Ciranjang, Kabupaten Cianjur, datang dan ikuti vaksin!

Posting Komentar untuk "Informasi Vaksin di Ciranjang, Lindungi Diri dan Masyarakat dari Covid-19"