Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera Untuk PMKS Tepat Sasaran

Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera hendaknya tepat sasaran untuk PMKS yang terdaftar resmi. KKS adalah salah satu program pemerintah yang memiliki fungsi untuk menyalurkan setiap bantuan bagi penyandang masalah kesejahteraan Sosial atau disebut dengan PMKS.

Nah PMKS tersebut nantinya memiliki status sebagai KPM. Hal ini dana bantuan akan diterima setiap bulannya dengan nominal Rp 300 ribu. Terutama bantuan tersebut akan diterima penerima untuk periode November hingga Desember 2021. Sehingga Pemilik KKS akan menerima Rp 600 ribu.

Pelaksanaan Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera Sesuai Rencana

Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera - Desa Kertajaya

KKS ini dengan target masyarakat yang kurang mampu, lansia, penyandang disabilitas hingga yang berada di dalam panti atau lembaga kesejahteraan sosial. Bahkan pengemis, gelandangan dan mereka yang tidak memiliki tempat tinggal yang tidak layak huni.

Penerbitan KKS ini telah tertuang dalam Permensos Nomor 20 tahun 2019. Hal ini menyatakan tentang Penyaluran Bantuan Pangan NonTunai atau BPNT. untuk besaran nominal bantuan cukup bervariasi.

Tujuan dari Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera ini adalah untuk membantu PMKS miskin untuk memenuhi kebutuhan dasar, meningkatkan tanggung jawab sosial bersama hingga mencegah turunnya taraf kesejahteraan PMKS miskin.

KKS ini bisa didapatkan dengan mendaftarkan diri menjadi KPM PKH atau BPNT. Umumnya terdata di DTKS Kemensos. Pendaftaran tersebut dapat melalui dua jalur yakni online maupun secara langsung.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartanto menyebutkan bahwa untuk penambahan bantuan atau durasi KKS disesuaikan dengan sisa alokasi perlinsos. Bantuan tersebut akan diberikan pada akhir tahun 2021.

Karena krisis sosial ekonomi saat ini memang memberikan dampak ke semua kalangan. Sehingga sistem penerimaan bantuan sosial ini juga akan lebih ketat agar tepat sasaran. bagi penerima manfaat yang terkendala dalam penyaluran dana bantuan maka dapat mengadukan masalah tersebut langsung ke laman resmi bansoscovid19@kemensos.go.id.

Sebelumnya pemerintah memang menggulirkan dana hingga Rp 9,8 triliun untuk 16,3 juta keluarga KKS di tahun 2015. Sementara di tahun 2021 pemerintah menargetkan dana BPNT hingga Rp 45,12 triliun pada 18,8 juta penerima.

Sehingga untuk memastikan apakah masyarakat terdaftar sebagai penerima dapat melakukan pengecekan secara online melalui situs resmi cekbansos.kemensos.go.id. Pengecekan tersebut dengan memasukkan nama sesuai dengan KTP masing-masing. Sehingga mengetahui besaran nominal bantuan dengan cek saldo KKS bisa dilakukan dengan menggunakan ponsel.

Bagi yang belum menerima dapat melakukan pendaftaran secara langsung. Hal ini dapat dilakukan melalui aparat pemerintahan setempat dengan membawa kartu KTP serta KK. Selanjutnya pendaftar tinggal mengikuti prosedur yang sudah ada. Jika peserta lolos menjadi KPM PKH atau BPNT akan memiliki rekening serta KKS tersebut. Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera atau KKS ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan orang yang sesuai syarat dan ketentuan. Sehingga tepat sasaran dan terlaksana dengan sebagaimana mestinya.

Posting Komentar untuk "Pendistribusian Kartu Keluarga Sejahtera Untuk PMKS Tepat Sasaran"