Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Pendidikan Bagi Seorang Wanita

Unsplash

Seberapa pentingnya pendidikan bagi seorang wanita? Peran pendidikan bagi seorang wanita sangat penting apalagi hidup di era yang serba digital dan  modern. Pendidikan tersebut tertuju kepada pembekalan pendidikan yang di arahkan kepada seorang wanita, dengan tujuan untuk membekali ilmu yang cukup dikemudian hari.

Sebagaimana pendapat  (Ahmad Tafsir, 2008:26) bahwa pendidikan ialah perkembangan pribadi dalam semua aspeknya, dengan penjelasan bahwa yang dimaksud pengembangan pribadi ialah yang mencakup pendidikan oleh diri sendiri, pendidikan lingkungan dan pendidikan oleh orang lain (guru) seluruh aspeknya yang mencakup jasmani, akal dan hati.

Karena pendidikan bagi seorang perempuan itu adalah sebuah kunci, maka seorang perempuan harus perlu memiliki pengetahuan yang lebih luas, pemikiran yang cerdas dan matang  apalagi hidup dimasa yang serba modern dan digital ini. Karena perempuan yang cerdas itu dituntut untuk tidak selalu bergantung kepada siapapun dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari dan begitupun memberikan infect yang begitu banyak  untuk dirinya sendiri.

Tetapi masih banyak masyarakat awam yang berasumsi bahwa perempuan tidak diharuskan mengenyam pendidikan terlalu tinggi dikarenakan after marige mereka hanya akan menghadapi 3 ranah saja yaitu (mencuci, memasak, dan mengurus rumah) karena statement inilah yang banyak mematahkan semangat seorang perempuan yang ingin mengenyam  sebuah pendidikan kejenjang berikutnya. Padahal dalam persoalan tersebut tidak hanya itu yang akan di hadapi setelah memasuki kehidupan dalam rumah tangga.

Sedangkan dalam Islam, sebagaimana syair arab Hafiz Ibrahim yang berbunyi:

Al’umu madrosatul ula’ iza a’dadtaha sya’ban thayyibal a’araq:

Yang artinya :

ibu adalah sekolah utama,bila engaku mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik.”

Jika merujuk pada syair tersebut wanita adalah madrasah pertama bagi anak-anaknya yang akan memberikan keteladanan, pendidikan, sikap, prilaku serta kepribadian anaknya dimasa yang akan datang.

Sebagaimana terdahulu ada seorang wanita yang telah memperjuangkan kebangkitan perempuan pribumi-Nusantara yaitu ibu Kartini RA yang telah menjadi plopor sekaligus pejuang stereotip gender untuk memperjuangkan kesetaraan seorang wanita untuk para wanita Indonesia. Dan pernah menulis sebuah pesanpada tahun 1900 yang di tunjukan kepada seorang Nyonya Van Kool yang berisi:

“Alangkah besar bedanya bagi masyarakat Indonesia bila kaum perempuan dididik baik-baik. Dan untuk keperluan perempuan itu sendiri, berharaplah kami dengan harapan yang sangat supaya disediakan pelajaran dan pendidikan, karena inilah yang akan membawa kebahagian bagianya”

Semoga tulisan ini bisa memberikan ilham bagi pembaca tentang pentingnya sebuah pendidikan yang ditunjukan kepada seorang perempuan. Sejatinya perempuan memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam mengeyam sebuah pendidikan yang lebih tinggi. Jika wanita memiliki pendidikan yang tinggi maka telah mempersiapkan generasi yang unggul dimasa berikutnya. Maka dengan itu sebuah pendidikan perlu bagi seorang perempuan.

Posting Komentar untuk "Pentingnya Pendidikan Bagi Seorang Wanita"