Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Program Si Jempol Cianjur Bebaskan Biaya Perizinan Usaha UMKM

Program si Jempol Cianjur

Program Si Jempol Cianjur diluncurkan oleh Bupati Cianjur yang bernama H Herman Suherman. Sistem Jemput Bola Layanan Izin Usaha Warga tersebut dibentuk dalam rangka program 100 hari kerja Bupati kala itu bertempat di Kecamatan Cugenang.

Bupati sendiri mengharapkan bahwa dari adanya program ini maka masyarakat semakin tertarik melakukan usaha terlebih para pelaku UMKM, Pemkab Cianjur juga membantu memfasilitasi pembuatan perizinan bagi masyarakat tanpa biaya.


Tujuan dan Layanan Program Si Jempol Cianjur Khusus UMKM


Pada dasarnya peluncuran program baru ini memiliki tujuan untuk membantu para pelaku UMKM dalam pembuatan Izin Usaha dengan tanpa biaya alias gratis, Menurut bupati saat masa sulit pandemi ini sangat penting membantu para pelaku usaha sehingga tetap dapat menjalankan usaha mereka.

Bahkan rencana pelaksanaan program akan berlanjut di setiap kecamatan Kabupaten Cianjur, Si Jempol ini menjadi pelayanan perizinan dengan segala kemudahan yang memang khusus untuk masyarakat terutama pelaku UMKM.

Bupati memberikan himbauan pada masyarakat untuk berantusias dalam memanfaatkan layanan tersebut. Masyarakat datang secara langsung ke kecamatan dan mendaftarkan diri dengan membawa e-KTP saja.

Nantinya petugas perizinan akan datang langsung mengunjungi kecamatan-kecamatan. Untuk tahap pertama pelayanan tersebut adalah di kecamatan Cugenang dengan izin usaha yang dikeluarkan sebanyak 100 perizinan. Bagi UMKM yang Memang berisiko rendah dengan mengeluarkan Nomor Induk Berusaha.

Program Si Jempol Cianjur ini akan terlaksana pada setiap kecamatan dengan tujuan dan harapan dapat memberikan support, efektivitas, kenyamanan, dan efisien waktu pelayanan.

Setelah berjalan kuota yang semula hanya disediakan 100 perizinan, kuota menjadi membludak 2 kali lipat. Hal ini menjadi salah satu bukti bahwa masyarakat sangat antusias dalam memanfaatkan program tersebut.

Para pelaku dimudahkan dalam membuat legalitas dengan kuota terbatas. Sayangnya sering ada gangguan jaringan untuk pendaftaran secara online. Sehingga lebih baik langsung ke kantor kecamatan.


Layanan Si Jempol Apa Saja?


Program ini melayani beberapa perizinan berupa izin apotik, SIUP/IUMK, toko obat, reklame, klinik, IPPBJ, izin praktek tenaga kesehatan, izin trayek dan masih banyak lagi.

Plt Kepala Dinas Penanaman modal serta Pelayanan Terpadu Satu pintu memberikan izin usaha 100 perizinan sesuai yang dijelaskan diatas.

Hal ini menjadi jalan dan kesempatan baik dalam rangka memiliki izin secara gratis. Bupati mengharapkan meskipun keadaan sudah mulai membaik dan sekolah-sekolah sudah mulai menjalankan pembelajaran tatap muka maka hal ini tetap perlu waspada. Kegiatan usaha yang sudah berjalan setidaknya memiliki izin atau legalitas usaha mereka dan memanfaatkan kesempatan tersebut. Sehingga tidak memiliki kendala dalam mengembangkan bisnis dan perekonomian semakin membaik. Program Si Jempol Cianjur menjadi program yang membantu masyarakat Desa Kertajaya terutama UMKM.

Posting Komentar untuk "Program Si Jempol Cianjur Bebaskan Biaya Perizinan Usaha UMKM"