Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Pendaftaran Online Bansos 2022 Dijamin Mudah

Sejak tahun 2017, pemerintah telah menggulirkan bantuan sosial PKH guna memberikan bantuan kepada keluarga miskin yang telah ditetapkan sebagai keluarga penerima manfaat. Bagi yang ingin terdaftar sebagai penerima manfaat, Anda dapat mencoba tutorial pendaftaran online bansos di tahun 2022 ini.

Akan tetapi, bantuan sosial PKH tersebut hanya diperuntukkan bagi keluarga yang telah terdaftar dalam Data Kesejahteraan Sosial (DTKS) dan sesuai kategori penerima di Dinas Sosial setempat. Adapun jenis bantuan sosial yang mungkin Anda dapatkan adalah kepesertaan sebagai KPM PKH dan Kartu Sembako 2022.

Cek Tutorial Pendaftaran Online Bansos PKH dan Kartu Sembako 2022

Melalui bantuan sosial PKH (Program Keluarga Harapan), pemerintah berupaya mengentaskan kemiskinan dengan target sekitar 7 hingga 8% per tahunnya. Adapun bentuk bantuan berupa uang tunai yang penerimaannya sesuai dengan komponen tertanggung berdasar peraturan pemerintah.

Sedangkan Kartu Sembako 2022 merupakan kartu untuk mendapatkan bantuan sosial berupa bahan pangan dalam bentuk non tunai dari pemerintah per bulan. Untuk mendaftar menjadi keluarga penerima manfaat (KPM), Anda dapat mengakses laman resmi disini.

Terlebih dahulu Anda harus melakukan pendaftaran dalam DTKS Kemensos. Berikut adalah tahapan melakukan pendaftaran bantuan sosial tunai secara online melalui ponsel cerdas Anda.

  1. Hal pertama yang Anda lakukan adalah menyiapkan KK dan KTP .
  2. Download dan instal aplikasi Cek Bansos di Play Store
  3. Bagi Anda yang belum memiliki akun, pilihlah menu Buat Akun Baru
  4. Masuk ke akun setelah proses aktivasi
  5. Pilih menu Daftar Usulan untuk mendaftarkan diri Anda. Bukan hanya diri sendiri, Anda juga dapat mendaftarkan keluarga atau masyarakat sudah terdaftar di DTKS Kemensos.
  6. Tutorial pendaftaran online bansos selanjutnya yaitu Anda akan diminta mengisi data diri. Gunakan KK dan KTP yang telah Anda persiapkan di awal tadi agar pengisian data sesuai dengan administrasi kependudukan yang ada.
  7. Kemudian pilihlah Tambah Usulan
  8. Sistem akan bekerja secara otomatis mencocokkan nama, data KK, NIK KTP, status kesesuaian di Dukcapil, dan pengusul sesuai data DTKS Kementerian Sosial.

Melalui aplikasi Cek Bansos memungkinkan Anda melakukan pilihan pendaftaran dua jenis bantuan sosial yakni kepesertaan sebagai KPM PKH atau Kartu Sembako 2022.

Pada tahap menu Pilih Jenis Bantuan Sosial, Anda dapat mengisikan NIK yang sudah terdaftar pada DTKS. Pendaftaran secara online pun sudah selesai.

Sekedar info gembira untuk Anda bahwa bansos PKH dan Kartu sembako 2022 merupakan bansos regular yang akan diberikan secara bertahap hingga penghujung tahun 2022. Pendaftaran pengusulan data diri di DTKS Kemensos dapat Anda lakukan melalui pemerintah daerah setempat. Tutorial pendaftaran online bansos PKH dan Kartu sembako 2022 yang dapat diakses melalui aplikasi Cek Bansos adalah kemudahan yang diberikan pemerintah. Melalui aplikasi tersebut diharapkan masyarakat dapat melakukan pengisian data diri secara mandiri di DTKS.

Posting Komentar untuk "Tutorial Pendaftaran Online Bansos 2022 Dijamin Mudah"