Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

14 Klub Siap Beraksi di Kualifikasi ACC 2024/2025 pada Juli

Sebanyak 14 tim teratas dari Asia Tenggara bersiap untuk bertanding dalam babak Kualifikasi ASEAN Club Championship Shopee Cup musim 2024/2025 yang akan dimulai pada Juli mendatang.


Kompetisi ini akan menjadi ajang bagi klub-klub sepak bola elit di kawasan Asia Tenggara untuk bersaing demi hadiah total senilai 3 juta Dollar AS. Presiden Federasi Sepak Bola ASEAN (AFF), Khiev Sameth, menyatakan bahwa turnamen ini akan menyajikan pertandingan menarik yang dapat memuaskan para penggemar sepak bola di seluruh wilayah.

"Setelah melalui proses yang panjang dan kerja keras, Shopee Cup akhirnya terwujud. Turnamen ini memberikan kesempatan bagi klub-klub terbaik di ASEAN untuk menguji kemampuan mereka dan meningkatkan standar permainan," ujar Khiev dalam pernyataan resmi di Jakarta, Jumat 10 Mei 2024.

Sebanyak 14 tim dari 10 negara ASEAN akan ambil bagian dalam kompetisi ini, dengan 12 tim akan mengamankan tempat di fase grup. Khiev menjelaskan bahwa Young Elephants FC dari Laos akan menghadapi Svay Rieng FC dari Kamboja, sedangkan Kasuka FC dari Brunei Darussalam akan berhadapan dengan Shan United FC dari Myanmar.

Pertandingan play-off akan digelar dengan format kandang dan tandang pada 17 dan 24 Juli 2024, untuk menentukan siapa yang akan melangkah ke fase grup yang dimulai pada 21 Agustus.

Dalam fase grup, tim-tim dibagi menjadi dua grup (A dan B) yang masing-masing berisi enam tim. Mereka akan bertanding dalam sistem round-robin kandang dan tandang, di mana klub dari negara yang sama tidak akan bertemu di fase awal.

Grup A akan menampilkan BG Pathum United FC (Thailand), Terengganu FC (Malaysia), PSM Makassar (Indonesia), dan Ðông Á Thanh Hóa FC (Vietnam). Sementara di Grup B terdapat Buriram United FC (Thailand), Kuala Lumpur City FC (Malaysia), Công An Hà Nôi FC (Vietnam), Borneo FC (Indonesia), Kaya FC (Filipina), dan Lion City Sailors (Singapura).

Dua tim teratas dari masing-masing grup akan melaju ke babak semifinal yang digelar pada 2 dan 30 April 2025 dengan format kandang dan tandang. Babak final akan diadakan pada 14 dan 21 Mei 2025. Jadwal lengkap dan tempat pertandingan akan diumumkan oleh panitia di kemudian hari.

Selain itu, panitia juga memperkenalkan ASEAN United FC melalui platform digital aseanutdfc.com dan akun @aseanutdfc, yang akan menampilkan empat kompetisi utama AFF termasuk Shopee Cup, sehingga para penggemar dapat terus mengikuti perkembangan terbaru.

PSM Makassar terpilih untuk mewakili Indonesia di ASEAN Club Championship 2024/2025 sebagai juara Liga 1 musim 2022/2023. Borneo FC akan menggantikan posisi runner-up Persija Jakarta yang memilih untuk tidak berpartisipasi dalam kompetisi internasional ini.

Posting Komentar untuk "14 Klub Siap Beraksi di Kualifikasi ACC 2024/2025 pada Juli"